Search / Pencarian

Jumat, 28 Januari 2011

(WinAVR +Avr Studio 4 ) Vs Code Vision AVR [part.1]





Saatnya beralih ke Open Source


Bermain microcontroller memang sangat mengasyikkan. Apalagi jika semua tools dan komponen yang akan digunakan lengkap. Mulai dari Sistem Minimum, Downloader, Text editor, Compiler, Catu daya sampai makanan ringan itu ada. Kalau salah satu dari tools tadi ada yang kurang , sungguh sangat menyebalkan. Apalagi jika terjadi, pada saat kita lagi mood-mood nya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memperkenalkan salah satu tools yang wajib kita punyai dalam bermain microcontroller ini. Tools ini adalah sebuah text editor yang bisa bertindak sebagai compiler ataupun debugger. Tools ini sangat free ware. Berbeda dengan compiler lainnya. Seperti Code Vision AVR yang membutuhkan lisensi. Alias harus beli. Oh ya, perlu diketahui Semua projek dalam Blog ini, menggunakan microcontroller AVR. Jadi compiler yang digunakan harus suport microcontroller seri AVR. Untuk itu, saya mencoba memperkenalkan Tools editor yang free ware dan cocok digunakan di microcontroller AVR. Compiler ini adalah Win AVR.


WinAVR merupakan suatu paket AVR-GCC yang khusus didistribusikan untuk OS Windows. AVR-GCC sendiri merupakan kumpulan dari program yang berfungsi untuk mengubah bahasa C menjadi Hex (.Hex) intel. Compiler C akan menghasilkan file dengan format ".asm" dari setiap file input ".c" yang akan diubah ke dalam file objek oleh assembler, dimana banyaknya file objek sama dengan file ".asm". Setelah proses tersebut dilakukan, linker akan bertugas untuk menyatukan file-file objek dan fungsi-fungsi yang bersilangan di antara file objek dan mengambil modul library c yang digunakan ke dalam satu file objek yaitu file ".ELF". Dengan menggunakan avr-objcopy file ".ELF" diubah menjadi file ".Hex"

Dari empat proses tadi (compiler, assembler, linker, dan avr-objcopy) oleh Win AVR akan dijadikan dalam satu file yang bisa disebut dengan “makefile”, sedangkan proses kompilasi makefile ditangani oleh “make.exe”. Dari keterangan di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa untuk pembuatan suatu program dengan menggunakan Win AVR diperlukan :

1. file (nama_file.c) yang berisi listing program untuk microcontroller dalam bahasa C.
2.file (makefile) yang berisi semua peraturan proses kompilasi program.

Jadi, untuk membuat suatu program dengan Win AVR, kita harus membuat file listing program kita dan file aturan compile kita atau makefile. Sungguh merepotkan juga kan..? Tapi tidak apa-apa. Ini namanya Open Source..bos..!

Kalau anda pusing menggunakan Win AVR dalam proses compilasinya, maka kita dapat menggabungkannya dengan AVR Studio 4. Dengan menggabungkan 2 software ini, maka nanti pada proses compilasinya kita akan dimudahkan. Sebenarnya , AVR Studio 4 hanya digunakan untuk menulis program assembler saja, tapi jika kita gabungkan dengan Win AVR kita dapat menulis program C di Avr Studio 4 ini. Untuk menggabungkan software-software ini, kita harus menginstall Win Avr Terlebih dahulu. Kemudian baru Avr Studio 4 nya. Cara ini digunakan dengan tujuan agar Avr studio 4 dapat mengenali AVR GCC yang terdapat pada WinAvr.


Note: Sebenarnya ,Software yang diambil dari WinAvr adalah compiler AVR GCC . Karena AVR GCC nya terdapat pada WinAvr, maka software WinAvr harus selalu terinstall jika ingin digabungkan dengan Avr Studio 4. Selain itu, library-library program C berada di WinAvr ini.

Berikut Tampilan Software Win Avr:



Gambar : Tampilan Win Avr



Gambar : Makefile





1 komentar:

  1. nice post, saya juga belajar avrstudio4, ijin copas ke blog saya mas Kurniawan.. postingannya boleh di copy khan?? thanks..

    BalasHapus